Pelihara Si Nunda, Berbuah Derita

Ada yang agak sesak dalam hatiku. Bermula dari tadi pagi aku mencuci baju dengan agak terburu-buru karena mau nebeng Pita ke kampusnya yang sebelumnya mampir dulu ke AHAS untuk nyervis motorku. Alhamdulillah dalam kemepetan waktu tadi aku masih bisa mandi dulu. Masak tuan putri keluar istana kagak mandi, apa kata dunia??.. hihi..

Sampai di AHAS, belum ada satu pun motor yang datang tuk diservis, kondisi masih sepi dan beberapa teknisi terlihat berkumpul, tak boleh ku berfikir mereka ngerumpi, mungkin itu apel pagi ala tehnisi motor di AHAS kali ya. Dengan sigap seorang teknisi menghampiri ku.

“mau diservis mba?” Tanyanya.
“iya” jawabku.
Tanpa dikomando, tehnisi itu membawa masuk motorku dan segera mengeceknya.

Saat aku hendak pergi, karena aku memang berencana tak menunggu motor ku diservis. Banyak yang harus ku lakukan di kos.
“sebentar mbak, ini ada masalah di kampas belakang sudah aus, lampu depan mati satu, lampu belakang mati satu juga”

“memang kalo ganti semua jadi berapa mas?”
Mas tehnisi memberi isyarat supaya aku menuju kasir.

“ganti kampas belakang plus biaya pasang, lampu depan satu, lampu belakang satu, biaya servis, dipotong sepuluh persen jadinya 267.500 mba. Gimana?” Mba kasir menjelaskan.

“waaah, mahal banget mba… itu harus diganti semua?”
“ato lampunya nggak usah dulu, kan lampu satu lagi masih hidup jadinya 15.000 total….” Mbak kasir memberi pilihan.
Tidak berkurang banyak, batinku.

“ya udah mbak ganti semua aja gak papa”

“tapi itu baru ngecek luar ya mbak, belum yang dalam” lanjut si mba saat aku hendak pergi.

“iya” kataku sambil keluar bangunan AHAS tersebut.

Perasaanku mulai gundah gulana. Salah ku juga sih lama amir kagak servis motor. Terus gimana ini??…. ya udahlah yang penting si motor sehat dulu aja. Kemudian melajulah aku dan pita ke kampus satu UAD. Pita kudu segera sampai karena jam mendekati pukul 09.30 a.m
Setelah mengantar pita aku mampir dulu ke Pamela 1 untuk beli pewangi baju. Di Pamela hape ku jerit beberapa kali.

“Mb ada tambahn sil ttup klep bocor. Hrga 12 rb. Ttup klep 1 rusak hrg 10rb. Filter aus. Hrga 16 rb.kl ganti semua ttl 310rb. Gmna mb?? AHAS KALISTA”

Mak teng! Teng! Makin nggak enak aja perasaanku, bagaimana hidupku ke depan. Uang makin menipis, tanggal masih lumayan muda. Pfff….. aku menarik napas panjang kemudian membalas

“sil tu2p klep en tu2p klep msg2 fungsinya utk apa ja mb??” mungkin pertanyaanku rada culun tapi aku benar2 blenk tentang begituan. Tak paham. Saat hendak bayar di kasir Pamela hapeku jerit lagi.
“tutup klep&sill nya harus gnti krn olinya member/bocor. Jd fungsinya biar olinya ndak bocor mb…”
“ya udah mb, ganti smua, ndak ada dskn lg mb?…” aku pasrah.
“ya nanti gampang lah mb. Tak bilangke sma si bos ya… he..he..” balasan si mbak AHAS.

Setelah bayar, aku segera tancap gas ngambil maem di tempat jual lotek Mamy, depan foto kopian Omega. Setelah bayar lotek kembali ada pesan masuk.

“mb ini brusan rantai ger dibuka. Laker gernya juga aus. Kl ndak dignti buat jln goyang2. Krna roda blkgnya kocak. Hrg laker ger 25rb. Gmna mb??”

Oh Ya Allah apa lagi ini, kenapa bertambah terus?… banyak banget yang harus diganti… banyak banget pengeluaran untuk motor ini… hiks… hiks.. pikiranku makin kalut.

Perjalanan menuju kos berasa tak menginjak tanah_ya iya lah wong kakiku di atas motor, jelas tak menyentuh tanah_pffff….
Ada apa ya?… ko jadi begini???… bukankah tak ada kejadian yang sia-sia dalam hidup ini?…
keteledoran, kemalasan, sikap menunda untuk menyervis motor membuatku membayar sangat mahal ganjarannya.

So apa akibatnya kalo aku melakukan hal yang sama dalam hidupku?? Masih suka teledor dan enggan memperbaiki diri, memelihara sikap malas dan menunda, bisa lebih hebat keparahan dan ganjaran yang ku terima.
Aku nggak mau ya Allah… tolong bantu hamba memperbaiki diri. Bantu hamba ya Allah.. tolong hamba ya Allah… Amin. Pintaku pada penguasa jagat raya.

no delay

Tinggalkan Balasan

